Sabtu, 22 Januari 2011

Youkai dalam Kultur Masyarakat Jepang

Youkai (妖怪,atau sering juga disebut Yōkai) adalah makhluk supernatural dalam cerita rakyat Jepang, yang tidak benar-benar terikat dalam dunia metafisik dan pada umumnya memiliki kekuatan supernatural dan spiritual. Beberapa youkai memiliki bagian tubuh yang sama dengan bagian tubuh hewan maupun tubuh manusia. Youkai memiliki berbagai macam kepribadian, namun sebagian besar youkai bersifat 'menganggu'.

Youkai dan Pengaruh Kultur Cina
Gambar Yuki-Onna 
Jepang, memiliki berbagai macam jenis youkai, mulai dari yang lucu, indah,
menakutkan, sampai sangat mengerikan. Beragamnya jenis youkai ini disebabkan oleh pengaruh yang dibawa peziarah Cina ke Jepang dan juga pengaruh dari Bhuddisme. Ide-ide masyarakat Cina tentang monster diadopsi masyarakat Jepang, dengan melakukan penyesuaian terhadap budaya asli Jepang. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Tengu, yang aslinya adalah seekor anjing yang dalam kultur Jepang berubah bentuk menjadi biksu berhidung panjang dengan kulit berwarna merah. Namun, ada juga jenis youkai yang telah menghuni Jepang sejak zaman dahulu, contohnya adalah Kitsune. Youkai paling populer dalam literatur kuno adalah Oni, yang bertempur dengan samurai pada banyak kesempatan, Tengu, yang selalu mencoba untuk mempengaruhi laki-laki suci; dan Yuurei, dimana kita dapat menemukan kisah cinta yang berakhir dengan tragis. Yang lainnya adalah youkai milik petani, yang menjadi budaya dan cerita rakyat masyarakat Jepang. 


Kategorisasi Youkai
Melakukan pengelompokan Youkai sebenarnya sangat sulit, dikarenakan banyaknya ragam youkai dan banyaknya youkai yang memilki ciri khas yang hampir sama. Namun, dalam postingan ini youkai dibagi atas 4 kelompok besar, berdasarkan penyebab asal youkai tersebut, antara lain:
1. Oni
Gambar Oni dari Zaman Tokugawa
Oni adalah makhluk yang menghuni neraka, neraka yang ada dalam agama Buddha. Orang yang banyak melakukan dosa dan mengharapkan kenikmatan duniawi ketika meninggal akan menghuni neraka dan menjadi Oni. Tapi, ada juga Oni yang dikisahkan hidup di gunung-gunung dan digambarkan memilki
kulit berwarna merah, biru, cokelat atau hitam, dua tanduk di atas kepalanya, mulut yang lebar penuh dengan taring, dan hanya mengenakan cawat bercorak kulit harimau. Oni juga sering digambarkan membawa gada besi atau pedang raksasa.


2. Tsukumogami
Tsukumogami terdiri atas kelompok youkai yang berasal dari peralatan rumah tangga yang telah berumur 100 tahun. Tsukumogami mencakup seluruh jenis Obake, yang memiliki ciri khas yang sama dengan tsukumogami.Klasifikasi ini memilki sub-kategori yang hampir tak terbatas, dari Bakezouri (sandal jerami), Karakasa (payung tua), Kameosa (guci sake lama), hingga Morinji-kama-(ceret teh).   
  
3. Yuurei
Biasanya diterjemahkan sebagai hantu, tapi kategori jauh lebih luas dalam kerangka pikiran Jepang. Kata roh mungkin pendekatan yang lebih baik dari kata tersebut.


4. Transformasi Manusia/Humanoid Youkai
Ada sejumlah besar yōkai yang awalnya manusia biasa, berubah menjadi sesuatu yang mengerikan dan aneh biasanya disebabkan keadaan emosi yang ekstrim. Perempuan yang menderita cemburu intens, misalnya, dianggap sebagai penyebab berubahnya seorang wanita menjadi oni perempuan yang diwakili oleh topeng Hannya. Contoh lain dari transformasi manusia atau humanoid youkai adalah Rokuro-Kubi (manusia yang mampu memanjangkan lehernya pada malam hari), ohaguro-bettari (biasanya perempuan, yang tidak memilki wajah dan hanya memilki mulut dengan gigi yang menghitam), futakuchi -onna (seorang wanita dengan mulut rakus di bagian belakang kepala), dan dorotabō (mayat bangkit seorang petani, yang menghantui sawah peninggalannya yang disalahgunakan orang lain), dan banyak lagi yang lainnya.






 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar